Selasa, 11 Oktober 2016

Aplikasi yang bisa di Desktop Ubuntu, berikut fungsi & versi Ubuntunya?

1.       WPS Office



Kelebihan WPS Office dibandingkan dengan Libre Office adalah dalam segi tampilan. Bisa dibilang bahwa WPS Office merupakan kolingan dari Microsoft Office karena tampilannya mirip dengan Microsoft Office 2010/2013.

2. Libre Office

 
Libre Office merupakan aplikasi yang banyak digunakan oleh pengguna Linux karena aplikasi ini sudah include pada banyak distro Linux yang beredar. Untuk segi tampilan, Libre Office mirip dengan Microsoft Office 2003. Mampu membuat file pdf, juga bisa convert dari pdf ke doc/odt di Linux.

 
3. Thunderbird
 
 
Untuk membaca email yang memberikan fasilitas POP, kita bisa menggunakan sebuah email client. Jika kita menggunakan Gmail, kita bisa menggunakan email client yang satu ini. Sebut saja Thunderbird, aplikasi yang bisa mengakses email Gmail Anda baik itu mengirim maupun menerima email. Thunderbird dipilih sebagai aplikasi terbaik karena sudah banyak digunakan pengguna Linux, sudah include pada sebagian besar distro Linux, juga masalah stabilitas dan keamanan yang disediakan.

4.       Audacity

 
Bagi Anda yang suka dengan music editing, ada lagu bagus terus dipotong untuk dijadikan ringtone maka aplikasi ini cucok. Audacity merupakan multi track audio editor dan recorder yang bisa berjalan di lingkungan multiplatform mulai dari Linux, Windows, dan Mac OS. Audacity, aplikasi pengolah lagu di Linux ini bisa membaca file wav, aiff, flac, mp2, mp3, dan ogg. Audacity banyak digunakan oleh penggunanya karena merupakan aplikasi yang cukup handal untuk music editing dengan tampilan yang mudah dipahami. Cara menginstal Audacity di Linux adalah dengan membuka Application Manager di Linux Anda, ketikkan via search Audacity, Install, dan tunggu sampai selesai.

 
5.     GIMP (GNU Image Manipulation Program)
Berfungsi sebagaimana dan menyerupai Adobe PhotoShop, GIMP hadir di Linux dan Mac OS. GIMP merupakan aplikasi untuk mengedit foto di Linux dan sudah include di berbagai distro Linux. Hal ini menjadi kelebihannya dan paling banyak digunakan sebagai foto editing di Linux.

6.   VLC Media Player
VLC Media Player adalah aplikasi yang digunakan untuk memutar berbagai jenis video baik di lingkungan Linux, Windows, Mac OS, iOS, maupun Android. Keuggulan VLC dibanding dengan pemutar video lainnya adalah dalam segi dukungan codec sudah sangat lengkap. Hal ini memudahkan bagi para penggunanya jika memiliki beragam jenis file video bisa dengan mudah diputar dengan VLC ini. Pada edisi Linux Mint 16 Petra, VLC sudah include dalam aplikasi bawaan Linux. Cara menginstal VLC adalah melalui Application Manager seperti biasa.

7.       OpenShoot 
Untuk membuat ataupun mengedit video di Linux kita bisa mengguknakan OpenShoot. OpenShoot sebagai vdeo editor dipilih sebagai aplikasi terbaik karena kemudahan penggunaan dan fasilitas yang dimiliki sudah cukup untuk mengedit video dengan hasil yang memuaskan. Jika Anda menginginkan fasilitas yang lebih kompleks boleh mencoba Lightworks. Cara menginstal OpenShoot adalah via Software Manager.
 
1.        XAMPP Linux
XAMPP merupakan produk paketan dari Apache yang didalamnya ada kemasan produk PHP, MySQL, dan Perl. XAMPP sudah banyak digunakan baik dari sistem operasi Windows maupun Linux.

2.     File Zilla
Sebagai file transfer protocol client, File Zilla banyak digunakan. File Zilla digunakan untuk keperluan manajemen website secara online. Dengan File Zilla kita bisa mengupload file-file yang digunakan untuk membangun sebuah website ke server tujuan.Cara menginstall File Zilla di Linux adalah melalui Software Manager.

3.    Geany
Sebagai pengganti Notepad++, di Linux kita bisa menggunakan Geany untuk teks editor. Kelebihan Geany dibandingkan dengan aplikasi teks editor lain adalah lebih ringan ketika dijalankan dan banyak fitur-fitur yang tidak terdapat pada aplikasi lain yang seringan Geany. Untuk instalasi Geany kita bisa melakukannya via "Software Manager" Linux.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar